13 Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Mandi Air Hangat
Ilustrasi Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

13 Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh - Sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang 17 Manfaat Minum Air Hangat, dan kali ini masih soal manfaat air hangat sob, yaitu saya akan membuat artikel mengenai 13 Manfaat Mandi Dengan Air Hangat Bagi Tubuh Maupun Kesehatan Kita.

Air hangat memang banyak sekali manfaatnya tak hanya ketika dikonsumsi saja namun jika digunakan untuk mandi pun sangat banyak dan besar sekali manfaatnya, seperti pada daftar manfaat mandi dengan air hangat berikut ini:

13 Keuntungan Mandi Dengan Air Hangat

  1. Mengobati flu dan sakit kepala
  2. Meringankan rasa sakit
  3. Membuat kulit lembab
  4. Dapat membunuh kuman penyakit
  5. Membersihkan racun dalam tubuh
  6. Mencegah susah tidur atau insomnia
  7. Pereda stres berlebih
  8. Menurunkan tekanan darah
  9. Menurunkan kadar gula di dalam darah
  10. Memperlancar peredaran darah
  11. Dapat menurunkan berat badan
  12. Meningkatkan kesehatan saraf dan otak
  13. Melindungi otot-otot, tulang dan sendi

Berikut adalah uraian dari poin-poin di atas:

1. Mengobati flu dan sakit kepala

Dengan mandi menggunakan air hangat, memungkinkan anda untuk menghirup uap air hangat yang berfungsi sebagai dekongestan alami. Air hangat untuk mandi juga dapat anda tambahkan dengan beberapa tetes minyak esensial seperti kayu putih atau peppermint agar sensasi relaksasi menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, mandi dengan air hangat yang dicampur dengan tetesan tersebut juga dapat membantu melawan dahak maupun sakit tenggorokan. Serta dapat memperlancar dan mempercepat sirkulasi darah yang bisa membantu mengurangi sakit kepala.

2. Meringankan rasa sakit

Mandi dengan air hangat juga dapat meringankan rasa sakit, karena suhu air hangat mampu menenangkan otot pada tubuh dikarenakan sirkulasi darah yang meningkat. Air panas juga dapat disimpan dalam wadah tertentu sebagai kompres untuk meredakan kram atau kejang pada otot. Dan untuk wanita yang sering kram perut saat hamil, maka tak perlu ragu untuk meredakan rasa sakitnya dengan menggunakan kompres air hangat.

3. Melembabkan kulit

Air hangat yang digunakan untuk mandi akan membuka pori-pori dan membersihkan kotoran-kotoran ataupun minyak yang menempel di tubuh. Air hangat yang alami ini akan membuat kulit menjadi lembab dan membuatnya kenyal dan lembut.

4. Membunuh kuman-kuman penyakit

Manfaat lainnya dari mandi air hangat adalah dapat membunuh kuman penyakit yang menempel pada tubuh, serta dapat menjaga kebersihan organ intim.

5. Membersihkan racun dalam tubuh

Mandi dengan air hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi sistem getah bening di dalam tubuh, dan ini akan menyebabkan tubuh berkeringat dengan dibarengi lepasnya racun dan bakteri dari dalam tubuh.

6. Mencegah insomnia atau susah tidur

Jika anda sedang mengalami sering insomnia atau susah tidur, maka anda perlu mencoba mandi dengan air hangat karena sudah terbukti dapat membuat mood menjadi lebih baik yang mengakibatkan tidur jadi lebih mudah terlelap.

7. Untuk meredakan stres

Mandi air hangat tidak hanya berguna untuk menenangkan otot yang kaku, namun juga dapat menghilangkan stres dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sudah diuji oleh sebuah penelitian bahwasanya berendam di dalam air panas dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ini sangat bagus sekali bagi orang-orang yang sedang mengalami tekanan darah tinggi dan yang diharuskan berhati-hati terhadap peningkatan tekanan darah mereka. Jika anda memiliki kondisi jantung dengan tekanan darah tinggi, maka anda harus terlebih dahulu untuk memeriksa dan berkonsultasi ke dokter, karena mandi air hangat juga dapat meningkatkan denyut jantung anda. Dan jika dokter berkata tidak apa-apa, maka silakan anda lanjutkan.

9. Dapat menurunkan kadar gula di dalam darah

Untuk para penderita diabetes, boleh dianjurkan untuk mandi dengan air hangat karena beberapa hasil studi sudah menunjukkan bahwa mandi air hangat dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Anda boleh berendam dalam air hangat selama 20 sampai 30 menit sebanyak 3 kali dalam satu minggu agar dapat menurunkan kadar gula darah hingga 13%.

10. Memperlancar peredaran darah

Sebetulnya berendam di dalam air hangat merupakan salah satu jenis olahraga yang memang diperlukan oleh pembuluh darah. Karena air mampu memberikan tekanan secara fisik pada tubuh.

11. Dapat menurunkan berat badan

Masih berhubungan dengan studi sebelumnya bahwa orang yang menderita diabetes dan kemudian berendam dalam air hangat secara teratur dapat menurunkan kadar gula dan glukosa di dalam darah. Dan ditemukan bahwa setelah berendam di air panas selama sekitar 20-30 menit yang dilakukan selama 6 hari dalam seminggu, membuat peserta kehilangan hampir 2,5 pon atau 2 kg per bulan.

12. Meningkatkan kesehatan saraf dan otak

Perlu diketahui bahwa berendam di dalam air hangat dapat menenangkan sistem saraf dan mengurangi rasa sakit maupun peradangan. Kecemasan maupun tingkat stres juga akan berkurang secara signifikan serta dapat membantu memperbaiki suasana hati.

13. Melindungi otot-otot, tulang dan sendi

Manfaat mandi air hangat lainnya adalah dapat menghasilkan keajaiban pada sendi, tulang dan otot. Karena faktanya, suhu air yang hangat dapat membantu meredakan efek kondisi seperti osteoarthritis tanpa menyebabkan eksaserbasi gejala ataupun efek-efek yang merugikan lainnya.

Itulah berbagai macam manfaat mandi air hangat yang perlu kita ketahui. Dan ternyata sangat banyak sekali manfaatnya ya sobat? Semoga kita semua diberikan kesehatan oleh Allah SWT untuk memperbaiki hidup menjadi lebih baik lagi. Aamiin. Semoga bermanfaat.