Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gimana Cara Membuat Link bit.ly? Link untuk memperpendek link

Halo sob selamat datang di blog nya Uman :) semoga sehat selalu ya. Amin.

Kali ini saya akan mencoba membuat pembahasan mengenai bagaimana cara membuat link atau url yang panjang atau sangat panjang menjadi link pendek dengan menggunakan layanan Bitly. ya mungkin ini hanya untuk para pembaca yang belum tahu saja yaa untuk yang udah tahu lewatt hehe

Pasti kamu pernah kan melihat orang-orang ketika mempromosikan produk atau sesuatu di facebook atau situs sosial media lainnya sering menggunakan link namun kebanyakan mereka menggunakan link yang tidak terlalu panjang dan cukup mudah diingat, salah satunya seperti link Bitly. Pernah lihat kan?

contohnya seperti ini deh biar jelas:


Nah sebetulnya jika link tadi diklik akan menuju url lainnya alias berubah (Menuju HomePage Coretan Uman). Dan link aslinya itu bisa juga link yang sangat panjang loh teman-teman. Hmm. Cukup menarik bukan. Jadi, jika kamu ingin memperpendek link yang akan kamu share di sosial media, jika link terlalu kepanjangan kan akan terlihat kurang menarik dan kemungkinan kadang akan tidak cukup karena mungkin karakter dibatasi.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, mari kita pelajari teknik yang satu ini yaitu cara memperpendek link menggunakan bit.ly. Caranya sangatlah mudah dan sederhana loh, ada dua cara sebagai berikut:

Cara Memperpendek link melalui Bitly


1. Hanya memperpendek link secara cepat
Pertama, copy link asli kamu. misalnya seperti link panjang ini https://coretan-uman.blogspot.com/2018/03/gimana-cara-membuat-link-bitly-link-untuk-memperpendek-link.html
Kedua, Buka situs Bitly atau klik link berikut ini: bitly.com akan muncul tampilan seperti ini:
Ketiga, pastekan link tadi yang sudah kamu copy ke kolom yang disediakan d seperti gambar di atas.
Lalu tekan enter pada keyboard atau klik tombol SHORTEN yang berwarna orange.
Keempat, Link baru sudah muncul dan tinggal copy link pendeknya :)


2. Cara Perpendek link dengan kustomisasi karakter link semau kita (Harus Daftar)
Pertama, sama copy dulu link panjangnya. contoh: https://coretan-uman.blogspot.com/2018/03/gimana-cara-membuat-link-bitly-link-untuk-memperpendek-link.html
Kedua, Buka situs Bitly atau klik link berikut ini: bitly.com akan muncul tampilan seperti ini:
Keempat, Klik Signup yang ada di atas kanan.
Kelima, biar mudah klik saja SIGNUP WITH FACEBOOK
Keenam, silahkan login akun Facebook kamudulu Klik Masuk. Akan muncul tampilah seperti di bawah ini:
Klik Lanjutkan Sebagai (Nama Kamu)
Klik, OK
Klik CREATE NEW BITLY ACCOUNT berwarna orange.
Pilih bebas aja. Selesai Daftar Bitly.

Ketujuhh, Nah Sekarang waktunya membuat Link pendek. Klik Create Bitlink berwarna orange
Kedelapan, Paste link panjang kamu di kolom yang disediakan, maka otomatis akan langsung berubah, atau jika belum tinggal klik CREATE.
Kesembilan, hasilnya akan seperti gambar diatas, Nah jika kamu ingin mengganti Url nya kamu bisa edit di kolom CUSTOMIZE seperti gambar di atas. Lalu ubah deh sesuai selera kamu, namun url nya harus yang belum dipakai sama orang lain yaa.

Kesepuluh Klik Save dan copy linknya dan bagikan :)

Terimakasih!! Itulah langkah demi langkah cara membuat link pendek dengan bitly atau cara membuat link bit.ly. Semoga bermanfaat. :)