Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menggunakan aplikasi zoom di Laptop/Komputer

Selain menggunakan aplikasi zoom di hp Android, aplikasi zoom cloud meeting juga dapat digunakan di perangkat komputer/PC/Laptop loh sob. Justru ini adalah pilihan terbaik karena ukuran jendela atau video nya akan lebih besar dan leluasa dibandingkan dengan menggunakan hp android ataupun iphone.
Cara menggunakan aplikasi zoom di Laptop/PC/Komputer

Seiring dengan adanya pandemi Covid-19 atau Corona ini, mungkin hampir semua negara menerapkan aturan untuk lockdown. Termasuk Indonesia, oleh karena itu hampir semua aktivitas diharuskan untuk mengerjakannya dirumah aja,

Karena hal tersebut pula, aktivitas belajar, rapat, atau untuk presentasi pun sudah diharuskan untuk melalui media online/internet alias berkomunikasi jarak jauh. Maka dari itu banyak orang berbondong-bondong untuk menggunakan aplikasi yang berfungsi untuk berbicara atau video call melalui handphone atau hp atau pun melalui laptop/komputer. Namun ini bukan sembarang video call saja, aplikasi zoom ini dapat melakukan konferensi video call alias dapat terhubung dengan lebih dari dua orang untuk video call secara bersamaan.

Untuk melakukannya, kamu melakukan langkah-langkah seperti yang akan saya jelaskan berikut ini:

1. Download dan install aplikasi zoom untuk pc nya terlebih dahulu. Untuk yang belum tau caranya bisa melihat artikel saya yang ini terlebih dahulu: Cara Install Aplikasi Zoom di Laptop/Komputer/PC
2. Jika zoom sudah terinstall dengan baik, Buka zoom nya. Lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini, ada dua cara tergantung posisi kamu sebagai guru/pembicara atau sebagai participants/murid

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Laptop/PC


* Sebagai Guru/Host

Untuk menggunakan aplikasi zoom sebagai host/guru, kamu harus mendaftar atau membuat akun zoom terlebih dahulu di situs resmi nya. Caranya sebagai berikut:

Buka situs zoom.us di browser, kemudian klik tombol Sign up for Free yang berwarna Orange seperti gambar berikut:
Kemudian isi tanggal lahir kamu, dimulai dari bulan, tanggal, tahun. Lalu klik Tombol Continue seperti gambar berikut:
Masukkan alamat email yang kamu punya, jika ingin simple sebaiknya kamu login menggunakan akun Google saja. Jika tidak, kamu lanjutkan ke langkah berikutnya. Klik tombol Sign Up
Cara menggunakan aplikasi zoom di Laptop/PC/Komputer
Jika sudah, akan muncul tampilan seperti ini, artinya zoom sudah mengirimkan link ke email kamu untuk aktivasi akun zoom nya.
Cara menggunakan aplikasi zoom di Laptop/PC/Komputer
Kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu akun zoom nya dengan cara membuka email kamu dan klik tombol Activate Account atau bisa klik link dibawahnya yang saya coret.
Cara menggunakan aplikasi zoom di Laptop/PC/Komputer

Pendaftaran Akun Zoom selesai.

Langkah berikutnya jika kamu sebagai host/guru adalah buka zoom nya kemudian klik tombol Sign in
Login menggunakan email kamu atau klik Sign In with Google agar mudah dan simple
Cara menggunakan aplikasi zoom di Laptop/PC/Komputer
Jika Login Sukses, maka akan muncul tampilan awal Zoom seperti berikut:
Cara menggunakan aplikasi zoom di Laptop/PC/Komputer

Untuk memulai Meeting, kamu klik tombol tanda panah ke bawah yang berada dibawah tombol New Meeting berwarna Orange, Sorot ID nya lalu klik Copy ID ataupun bagikan ID ke participants/murid melalui whatsapp atau chat lainnya yang akan kamu ajak join seperti berikut ini:
Cara menggunakan aplikasi zoom di Laptop/PC/Komputer
Jika ID Meeting kamu sudah di Copy, kamu langsung saja klik Tombol New Meeting yang berwarna orange seperti gambar di atas.

Selesai, kamu hanya tinggal membagikan ID yang kamu copy tadi kepada participants/murid yang ingin kamu ajak join.

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan suara ataupun video, kamu dapat klik tombol yang berada di bawah sebelah kiri sesuai ikon nya video ataupun ikon mic.
Untuk mengakhiri meeting kamu dapat mengklik tombol End berwarna merah di sebelah kanan bawah.

* Sebagai Murid/Participants

Untuk menggunakan zoom sebagai murid atau participants caranya sama seperti di atas, namun bedanya setelah zoom berhasil di install, kamu hanya perlu klik tombol Join Meeting

Lalu Masukkan ID yang sudah dibagikan guru/host mu di kolom yang disediakan dan isi nama Kamu yang akan ditampilkan nanti. Lalu klik tombol Join.
Cara menggunakan aplikasi zoom di Laptop/PC/Komputer

Itulah artikel mengenai Tutorial/Cara Menggunakan aplikasi zoom di laptop atau PC. Terimakasih, Semoga bermanfaat.