Inilah 17 Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 17 Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi 17 Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 17 Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh - Biasanya ketika kita bangun tidur kita selalu mengawali pagi dengan meminum air putih dan banyak pula orang memulai hari nya dengan meminum susu, kopi, atau teh. Namun rata-rata orang meminum air putih atau bening dalam keadaan dingin tidak dalam keadaan hangat termasuk saya sendiri. Walaupun air hangat kurang dirasa enak di lidah, namun sebenarnya sangat besar sekali manfaat air hangat bagi tubuh kita dan kesehatan yang belum kita ketahui sepenuhnya.

Lalu apa saja macam-macam manfaat meminum air putih hangat bagi tubuh dan kesehatan manusia? Simak beberapa efek samping yang baik atau manfaat minum air hangat berikut ini:

17 Manfaat Meminum Air Putih Hangat

  1. Dapat menurunkan berat badan
  2. Tubuh mengalami detoksifikasi
  3. Dapat Memperlancar pencernaan
  4. Dapat menghilangkan mual-mual
  5. Mampu mencegah penuaan dini
  6. Membuat rambut menjadi lebih sehat, lebat, anti ketombe dan berkilau
  7. Mampu meredakan gejala demam/batuk
  8. Mengobati gatal tenggorokan
  9. Dapat meringankan rasa sakit
  10. Dapat menghidrasi setelah berolahraga
  11. Dapat meningkatkan kualitas tidur anda
  12. Membantu melancarkan peredaran darah dan jantung lebih sehat
  13. Menghindari infeksi pada tubuh dan mengurangi jerawat
  14. Menghangatkan tubuh atau menepis rasa kedinginan
  15. Mampu membangkitkan semangat
  16. Mampu meringankan hidung yang tersumbat
  17. Menghilangkan nyeri pada saat menstruasi

Untuk penjelasan setiap poin di atas kita bisa lihat pada daftar di bawah ini:

1. Manfaat Minum air hangat untuk diet atau penurun berat badan

Manfaat yang pertama ketika kita rajin meminum air hangat adalah untuk diet atau penurun berat badan. Tentu ini adalah berita yang sangat menggembirakan bagi anda yang sedang melakukan diet atau menurunkan berat badan. Bagaimana tidak, karena meminum air hangat tak hanya dapat menaikkan suhu tubuh yang mengakibatkan mempercepatnya metabolisme, namun air hangat juga terbebas dari kalori.

2. Minum air hangat untuk mendetoksifikasi tubuh

Percaya-kah anda bahwa meminum air hangat saja dapat mengeluarkan toksin maupun racun dari tubuh melalui urin dan keringat? Ya, benar sekali meminum air hangat dapat mendetoksifikasi tubuh melalui urin yang kita keluarkan ketika buang air kecil maupun ketika berkeringat karena sehabis olahraga.

3. Untuk memperlancar proses pencernaan

Sangat baik sekali apabila kita meminum air hangat ketika selesai makan, karena dengan meminum air hangat setelah makan, proses mencerna makanan akan menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, jika meminum air hangat ketika perut dalam keadaan kosong bisa meningkatkan pergerakan pada lambung serta mampu mencegah kontipasi.

4. Menghilangkan mual-mual pada perut

Tubuh kita sangat baik dalam hal memberitahu apa yang kita butuhkan terlebih  ketika kita sedang mengkonsumsi sesuatu, dan ketika kita sedang merasa mual biasanya akan terasa lebih baik ketika selesai meminum air putih hangat. Karena air putih hangat dapat menurunkan keasaman lambung sehingga perasaan mual pun akan berkurang.

5. Untuk Mencegah penuaan dini termasuk wajah

Gejala penuaan dini seperti kulit berkerut, kulit kering, kulit bernoda hitam akan berkurang setelah rutin meminum air hangat. Karena air hangat mampu menghindari kekeringan pada kulit termasuk untuk wajah akan menjadi lebih sehat dan terjaga kelembaban-nya.

6. Menjaga kesehatan pada kulit kepala termasuk rambut

Minum air hangat juga dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau bersinar dan lebih lembut. Selain itu, air hangat juga dapat mengaktifkan akar-akar rambut yang selama ini mati sehingga membuat rambut lebih lebat. Termasuk menghilangkan ketombe juga loh, ternyata air hangat dapat mencegah timbulnya ketombe.

7. Mampu Meredakan gejala demam dan batuk

Air hangat yang masuk ke dalam tubuh dapat melegakan pernapasan serta meng-encerkan dahak termasuk rasa gatal ataupun nyeri pada tenggorokan bisa diatasi dengan meminum air hangat.

8. Mengobati gatal pada tenggorokan

Sudah dijelaskan pada poin nomor 7.

9. Menghindari berbagai-macam penyakit

Air yang di-didihkan akan membunuh segala macam kuman penyakit yang terdapat di dalamnya. Apalagi air yang diminum selagi hangat akan mendapat manfaat yang bagus untuk tubuh.

10. Dapat menghidrasi setelah berolahraga

Setelah selesai berolahraga, tubuh memerlukan hidrasi ulang tapi air hangat yang diminum tidak hanya menghidrasi tubuh, namun juga dapat mengembalikan mineral maupun vitamin yang hilang dengan cara mempertahankan keseimbangan elektrokemikal. Selain itu air hangat dapat mempercepat proses pembakaran kalori di dalam tubuh.

11. Manfaat air hangat untuk meningkatkan kualitas tidur

Jika air hangat mampu membunuh toksin maupun racun dalam tubuh, maka ketika akan tidur badan merasa lebih rileks dan cepat terlelap karena tubuh yang bebas dari penyakit. Selain itu, anda akan tidak mudah merasa lapar ketika tengah malam dan akan merasa lebih segar pada esok hari.

12. Untuk memperlancar sirkulasi darah dan jantung

Ketika air hangat masuk ke dalam tubuh dan mengeluarkan timbunan lemak dan toksin yang terkikis, maka peredaran darah akan lebih lancar dan risiko penyakit penyumbatan pembuluh darah pun akan berkurang.

13. Menghindari infeksi pada tubuh dan mengurangi jerawat

Selain sel kulit, air hangat juga bisa mendetoksifikasi permukaan kulit sehingga ketika wajah berjerawat contohnya, air hangat yang diminum delapan gelas setiap hari akan membuat pori-pori tak lagi tersumbat.

14. Mengurangi rasa dingin / menghangatkan tubuh

Sudah jelas bahwa air hangat mampu mengurangi rasa dingin pada tubuh karena air hangat dapat membuat tubuh bagian dalam menjadi lebih hangat dan menangkal rasa dingin yang masuk dari luar.

15. Membangkitkan semangat

Jika tubuh menjadi lebih baik dan lebih nyaman jauh dari penyakit karena meminum air hangat, maka otomatis perasaan pun akan menjadi lebih baik dan membuat diri kita menjadi lebih bersemangat dan percaya diri karena tubuh yang nyaman dan sehat,

16. Meringankan hidung tersumbat

Air hangat mampu setidaknya sedikit meringankan hidung yang sedang tersumbat karena kelembaban dan suhu yang hangat di dalam tubuh akan membuat sumbatan di hidung menjadi lebih encer.

17. Menghilangkan nyeri saat menstruasi

Saat menstruasi dan terjadinya perasaan nyeri pada perut, air hangat juga bisa dipakai untuk pertolongan pertama karena air hangat akan menenangkan otot perut kaku yang kemudian akan mengurangi nyeri pada perut saat menstruasi.

Itulah berbagai macam manfaat minum air hangat untuk tubuh dan kesehatan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Manfaat Mandi Air Hangat