Alexa Metrics Ternyata Ini Alasan Kenapa Jerawat Tidak Boleh Dipencet - Coretan Uman

Ternyata Ini Alasan Kenapa Jerawat Tidak Boleh Dipencet

Ternyata Ini Alasan Kenapa Jerawat Tidak Boleh Dipencet
Ilustrasi Ternyata Ini Alasan Kenapa Jerawat Tidak Boleh Dipencet
Ternyata Ini Alasan Kenapa Jerawat Tidak Boleh Dipencet - Jerawat itu sangat menjengkelkan bukan sob? Ya, mungkin karena ia muncul kadang di mana saja tak kenal tempat.

Jenis Jerawat

Jerawat memiliki berbagai macam bentuk, ukuran dan jenis jerawat yang berbeda mulai dari jerawat batu (kistik), komedo, papupla, pustula, nodul. Komedo juga bisa disebut jerawat karena merupakan salah satu dari jenis jerawat juga lho sobat. Ada pula yang sering menyebut jerawat nasi karena warnanya putih seperti nasi. Jerawat umumnya berbentuk bintil-bintil atau seperti benjolan yang berwarna merah.

Namun apapun bentuk jerawat ataupun jenis jerawat kita biasanya tak tahan untuk ingin memencetnya. Kita sering gemas ketika melihat jerawat muncul pada anggota tubuh kita walaupun hanya satu saja betul tidak?

Bahaya Memencet Jerawat

Jeanine B. Downie, MD adalah direktur Image Dermatology di Montclair, NJ. Ia mengatakan bahwasannya kegiatan memencet jerawat itu bukanlah sebuah solusi yang tepat untuk menghilangkan apalagi mengobati jerawat.

Perlu kita ketahui bahwa memencet jerawat itu tidak akan pernah membuatnya hilang, malah justru akan memperparah kondisinya sob waduhh. Terutama jerawat batu. Karena faktanya sudah bukan hal yang aneh ketika kita memencet jerawat kulit kita akan meninggalkan bekas luka sampai mengalami infeksi sob.

Adapun penyebab jerawat itu bervariasi mulai dari karena dipicu oleh hormon, riwayat keluarga maupun karena stres. Sejatinya, jerawat itu diproduksi oleh sebum atau minyak alami dari kulit yang terjebak di bawa permukaan kulit. Dan jika sebum ini masuk ke dalam sel-sel kulit mati, kemudian membentuk sumbatan, kita menyebutnya ini adalah komdeo. Ataupun bisa bereaksi dengan P.acnes yaitu bakteria yang ditemukan di folikel rambut dan dapat memicu peradangan sob.

Pada saat kita memencet jerawat, sebetulnya kita sedang memaksa jerawat atau kotoran tersebut untuk segera keluar dari kulit, sehingga akhirnya kita akan merobek kulit tersebut dan jerawat keluar. Namun sebetulnya pada saat yang bersamaan, kita sedang memindahkan kotoran ataupun bakteri dari tangan atau jari ke wajah atau kulit yang berjerawat itu sob. Dan akhirnya terjadilah infeksi. Dari hal inilah sebetulnya awal dari terjadinya bekas-bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan itu sob.

Cara Memencet Jerawat

Namun walaupun sebetulnya menurut dokter kulit, tak semua jerawat itu tidak diperbolehkan untuk dipencet seperti jerawat jenis pustule dengan caranya yaitu harus menunggu dulu 1-2 hari hingga jerawat muncul, kemudian pencet perlahan dengan menggunakan cotton bud, lalu berikan spot treatment. Namun lebih baik dan agar aman kita sebaiknya tidak memencet jerawat dulu deh. Dan jika sobat ingin membersihkan jerawat di wajah atau di anggota badan lainnya, langkah terbaik adalah mengunjungi dokter kulit atau ahli dermatologi sob agar lebih aman.

Ada prosedur yang namanya ekstraksi yaitu menggunakan suatu alat yang khusus yang berfungsi membuka pori-pori yang tersumbat oleh kotoran. Untuk melepaskan komedo, maka dapat dilakukan tekanan yang ringan. Dan mereka melakukan prosedur ini tentunya sudah mensterilkan peralatannya kemudian menggunakan sarung tangan karet, membersihkan area jerawat dengan alkohol. Oleh karena itu infeksi menjadi diminimalisir sob.

Ketika kita berobat ke dokter untuk mengobati jerawat, maka biasanya kita diminta untuk menggunakan produk yang mengandung pengelupas kimiawi serta bahan anti bakteri seperti benzoyl peroxide, asam salisilat dan retinol. Kemudian kita juga seringkali akan diberikan obat-obatan resep dan perawatan seperti pengelupas glikolat, laser ataupun perawatan ringan yang lainnya sob. Dan yang sudah pasti adalah kita akan diperintahkan untuk rajin merawat kulit wajah agar mencegah jerawat timbul kembali.

Itulah mengapa kita tidak disarankan untuk memencet jerawat sob terutama pada jerawat batu walaupun ada beberapa jenis jerawat yang diperbolehkan dipencet menurut dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.

tag:
cara menghilangkan jerawat
menghilangkan bekas jerawat
alat pencet jerawat
bahaya memencet jerawat

0 Komentar pada "Ternyata Ini Alasan Kenapa Jerawat Tidak Boleh Dipencet"

Posting Komentar

Apa pendapatmu? Tuliskan komentarmu dengan baik! (Mohon Maaf Link Tidak Diterima)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Merasa Artikel Ini Bermanfaat? Silahkan Share atau Bagikan Artikel ini dengan Klik Tombol-tombol Di Bawah Agar Bisa Bermanfaat Juga Untuk Orang Lain :) Terimakasih!