Apakah Tujuan Membayar Zakat Dalam Islam

Apakah Tujuan Membayar Zakat Fitrah

Zakat pada dasarnya ialah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan umat Muslim yang mana memiliki tujuan yakni merupakan salah satu ketaatan kepada Allah. Selain bertujuan sebagai ibadah ketaatan, hal ini juga merupakan suatu kewajiban kepada sesama umat manusia di muka bumi.

Zakat ini juga paling sering disebut sebagai bentuk ibadah yang dilakukan dengan kesungguhan dalam bentuk harta. Pentingnya zakat ini atau tingkatnya bisa dilihat dari banyaknya ayat yang menyandingkan perintah zakat yakni dengan perintah shalat. Zakat ini juga sebenarnya merupakan salah satu dari prinsip dan implementasi yang harus dilakukan guna akses keadilan dalam system perekonomian agama Islam.

Tujuan Membayar Zakat Dalam Ajaran Agama Islam

Pada dasarnya membayar zakat dalam agama Islam sudah diajarkan oleh Allah dan ditujukan kepada umatnya. Maka dari itulah berikut ini tujuan dari membayar zakat menurut Islam, antara lain:

  1. Zakat sebagai pembersihan dari sifat hati manusia yang rakus, pelit, serta tamak dalam sebuah harta yang mungkin dimiliki saat ini.
  2. Zakat juga menumbuhkan rasa saling mencintai yakni dengan cara saling tolong menolong dengan adanya zakat tersebut.
  3. Zakat merupakan salah satu cara untuk mensyukuri dari apa yang sudah dimiliki saat ini misalnya akan kepemilikan harta duniawi. Hal ini juga merupakan cara ibadah yang bermaksud tunduk dan penyerahan yang sempurna kepada Allah
  4. Dengan melakukan zakat sama saja melakukan pemerataan di semua kalangan yang mana harta tidak lagi didominasi orang tertentu saja namun akan lebih merata bagi semua kalangan.


Dari penjelasan diatas jelas sangat penting yang namanya melakukan zakat. Dengan melakukan zakat ini jelas sudah mendekatkan diri kepada Allah dan mendekatkan diri pada orang-orang yang ada di sekitar serta bisa menjalin rasa kebersamaan lebih besar lagi.