Siapa Ratna Sarumpaet?

Siapa Ratna Sarumpaet?
Photo via: mediaindonesia.com
Ratna Sarumpaet lahir pada 16 juli 1949 di Tarutung, Tapanuli Utara. Beliau ialah seorang aktivis politik yang ada di Indonesia yang mana masuk dalam salah satu jajaran partai politik yang ada di dalam negeri. Selain dikenal dalam salah satu partai politik, beliau juga banyak dikenal sebagai seorang seniman yang mana banyak ambil bagian di dunia panggung teater. Serta dikenal juga dengan pementasan monolog Marsinah yang mana banyak sekali mengalami penolakan di sejumlah daerah tepat pada era administrasi jaman orde baru.

Ratna Sarumpaet adalah seorang yang memiliki kepercayaan Kristen yang mana sangat aktif dalam dunia politisi tepatnya di Sumatera Utara. Sempat juga dikenal sebagai salah satu arsitektur di salah satu universitas yang ada di Jakarta. Tepat setelah menikah, Ratna Sarumpaet menjadi seorang Muslim. Tepat pada tahun 1989 beliau bercerai dengan suaminya.

Kemunculan dan dikenalnya Ratna Sarumpaet tepat pada tahun 1993, bertepatan dengan pembunuhan seorang aktivis buruh yakni Marsinah, dan pada saat itulah dirinya juga mulai aktif di dunia aktivis politik sampai saat ini dan sebelum mengalami kasus penyebaran berita hoax atau berita bohong yang berkaitan dengan penganiayaan dirinya oleh sekelompok orang.

Dari kasus penyebaran berita hoax atau berita bohong tersebut, maka Ratna Sarumpaet dikenakan pasal dalam UU sehingga dirinya harus mendekam di jeruji besi. Namun kasus tersebut sampai saat ini masih dalam proses persidangan yang mana dilakukan untuk tujuan banding atas kasus yang sudah terjadi.

Baca Juga: Siapa Rocky Gerung